Bahasa sunda berasal dari daerah mana

Bahasa sunda berasal dari daerah mana

Bahasa Sunda berasal dari daerah Jawa bagian barat yang saat ini merupakan dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Bahasa Sunda adalah bahasa yang saat ini digunakan oleh mayoritas penduduk yang tinggal di daerah Jawa Barat dan Banten. Tetapi, sebenarnya bahasa Sunda yang saat ini dianggap baku digunakan merupakan bahasa yang telah banyak dipengaruhi oleh bahasa lain, yaitu bahasa Jawa.

Bahasa Sunda yang sekarang banyak digunakan merupakan bahasa Sunda yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Jawa yang dimulai saat daerah Sunda ada di bawah kekuasaan kerjaan Matarm Islam. Adanya pengaruh bahasa Jawa dalam bahasa Sunda terutama terlihat dari adanya ragam bahasa dalam bahasa Sunda. Saat ini dalam bahasa Sunda ada dua ragam bahasa, yaitu ragam bahasa hormat atau halus dan ragam bahasa akrab atau kasar.

Di daerah Banten tidak begitu dikenal adanya ragam bahasa Sunda halus dan kasar, karena daerah Bantem tidak pernah berada di bawah kekuasaan kerajaan Mataram Islam. Oleh sebab itu, bahasa Sunda yang digunakan oleh masyarakat di provinsi Banten sering dianggap sebagai bahasa Sunda yang lebih kasar, jika dibandingkan dengan bahasa Sunda yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat Sunda yang ada di daerah provinsi Jawa Barat.

Saat ini dalam bahasa Sunda sudah secara resmi ditetapkan hanya ada dua ragam bahasa, seperti dijelaskan di atas. Aturan yang mengatur ragam bahasa Sunda tersebut dikenal dengan sebutan Tatakrama Basa Sunda. Sebelumnya dalam bahasa Sunda pernah ada sampai delapan ragam bahasa, yaitu enam ragam bahasa Sunda halus dan dua ragam bahasa Sunda akrab atau kasar. Dahulu, aturan yang mengatur ragam bahasa Sunda saat itu disebut dengan istilah Undak-usuk Basa Sunda.