Bagaimana cara menghormati pendapat temanmu

Bagaimana cara menghormati pendapat temanmu

Cara menghormati pendapat teman yang berbeda pendapat dengan kita yaitu:

  • Tidak memotong atau memutus pembicaraan teman yang sedang berpendapat, biarkan teman menyampaikan ide dan pendapatnya sampai selesai.
  • Tidak memaksakan kehendak kita.
  • Tidak arogan, egois, dan bertindak kasar jika kita tidak setuju dengan pendapat teman.
  • Memberikan masukan atau komentar yang membangun terhadap pendapat teman dengan cara yang sopan.
  • Menerima pendapat teman dan memasukkan pendapatnya untuk dimusyawarahkan atau dipertimbangkan pada proses pengambilan keputusan bersama.

 

Pembahasan:

Berpendapat biasanya dilakukan dalam bermusyawarah, namun dapat juga di berbagai situasi seperti saat belajar di kelas dan debat perlombaan. Di dalam bermusyawarah kita tetap harus memiliki tata krama termasuk sikap saling hormat dan menghargai perbedaan pendapat yang muncul. Karena tujuan utama musyawarah adalah untuk mendapatkan keputusan bersama demi kepentingan bersama. Musyawarah termasuk dalam sila ke-4 Pancasila.

Pengamalan nilai dasar Pancasila lainnya, Sila 4 “Nilai Kerakyatan dan Musyawarah”, yaitu:

  1. Musyawarah untuk menentukan perwakilan kelas dalam perlombaan antar kelas.
  2. Adanya kesempatan menyampaikan pendapat dalam rapat dan masukan serta kritik apapun diterima dengan lapang dan tetap dipertimbangkan dalam penentuan keputusan.
  3. Kita menghargai pendapat orang lain, memberikan kesempatan untuk menyampaikan pemikiran, dan membuat keputusan yang mengutamakan kepentingan bersama.
  4. Ketua kelas dalam mengambil keputusan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan para pengurus kelas lainnya yang  untuk akhirnya membuat keputusan akhir bersama (ketua kelas tidak diktator untuk menuruti kehendaknya sendiri).
  5. Membentuk kepanitian di sekolah dan melaksanakan tugas dengan baik, apabila ada masalah dibicarakan dalam rapat dan musyawarah untuk keputusannya.