Jelaskan dampak dari kondisi geologis Indonesia!​

Jelaskan dampak dari kondisi geologis Indonesia!​

Indonesia memiliki kondisi geologis yang menarik, yakni terletak pada tiga pertemuan lempeng litosfer, dua jalur pegunungan besar, dan tiga daerah dangkalan. Tiga lempeng litosfer tersebut adalah lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Indo-Australia. Dua jalur pegunungan besar tersebut adalah Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Semantara tiga daerah dangkalan yang dimaksud adalah Dangkalan Sahul, Dangkalan Sunda, dan laut pertengahan Australia Asiatis. Kondisi geologi tersebut menyebabkan berbagai dampak bagi Indonesia, salah satunya adalah kesuburan tanah, banyaknya gununga berapi yang aktif, keragaman kedalaman laut,dan banyaknya sumber daya pertambangan di Indonesia.

Pembahasan

Secara geologis, Indonesia terletak pada tiga lempeng litosfer, tiga daerah dangkalan, dan dua jalur pegunungan besar dunia. Tiga lempeng litosfer tersebut adalah lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Indo-Australia. Lempeng Eurasia mengalami tabrakan dengan lempeng Pasifik di daerah Papua dan Maluku, sedangkan pertabrakan antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia terjadi di lepas pantai Jawa.

Dua jalur pegunungan besar tersebut adalah Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Sirkum Mediterania melalui wilayah bagian barat Indonesia. Sirkum Mediterania merupakan jalur pegunungan api aktif. Sementara itu, Sirkum Pasifik melalui wilayah bagian tengah dan timur Indonesia. Berbeda dengan Sirkum Mediterania, Sirkum Pasifik merupakan jalur pegunungan api yang sebagian besarnya tidak lagi aktif.

Semantara tiga daerah dangkalan yang dimaksud adalah Dangkalan Sahul, Dangkalan Sunda, dan laut pertengahan Australia Asiatis. Dangkalan Sahul menjadi penghubung daerah bagian timur Indonesia dengan Australia. Dangkalan Sunda sendiri menjadi penghubung antara wilayah bagian barat Indonesia dan Benua Asia. Sementara itu, laut pertengahan Australia Asiatis merupakan penghubung antara Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.

  • Kondisi geologis tersebut memberikan beragam pengaruh bagi Indonesia, di antaranya sebagai berikut.
  • Indonesia memiliki flora dan fauna yang beragam, di darat maupun di laut.
  • Memiliki banyak potensi wisata alam.
  • Wilayah laut Indonesia tergolong sebagai wilayah dengan kedalaman laut yang dangkal dan sedang.
  • Memiliki banyak gunung api, terlebih di wilayah bagian barat Indonesia yang dilalui oleh Sirkum Mediterania.
  • Terdapat cekungan sedimental yang menyebabkan Indonesia kaya akan sumber daya pertambangan.
  • Memiliki sumber energi geothermal (panas bumi) yang saat ini dijadikan sebagai sumber energi alternatif.
  • Memiliki tanah subur yang baik bagi pertanian.
  • Sayangnya, Indonesia menjadi negara yang rawan terjadi gempa bumi (baik tektonik maupun vulkanik), tsunami, dan becana alam lainnya.