Sebutkan 3 penyebab runtuhnya daulah abbasiyah!

Sebutkan 3 penyebab runtuhnya daulah abbasiyah!

Sebab runtuhnya Bani Abbasiyah diantaranya ialah perebutan kekuasaan.

 

PEMBAHASAN :

 

• Sebab – Sebab runtuhnya Bani Abbasiyah •

 

1. Perebutan Kekuasaan, timbul perang saudara

 

Daerah kekuasaan yang luas membuat terjadinya persaingan antar keluarga Abbasiyah. Seperti saling membunuh hanya demi mahkota khalifah. Hal ini menyebabkan perang saudara yang tak kunjung reda seperti saat perang saudara al-Amin dan al-Makmun.

 

2. Hidup berfoya-foya, lupa akan musuh

 

Setelah mendekati masa kehancuran, Kekhalifahan ini daerahnya hanya sekitar Baghdad saja. Para pasukan khusus seperti Bani Turk malah diposisikan di daerah yang jauh dari Baghdad, sehingga saat ada musuh, para bangsawan hanya menikmati harta dan lupa jika ada musuh, saat itu pula mereka lenyap dengan harta dan alhasil Bani Abbasiyah hancur di tangan Mongol.

 

3. Konflik Agama, Sunni dan Syiah

 

Semakin banyaknya pendatang dari Bani Persia yang sudah memeluk Islam, namun Islam mereka ialah Syiah, menyebabkan pengaruh syiah masuk ke dalam kerajaan. Ada beberapa ulama yang terpengaruh, akibatnya paham Islam jadi terpecah. Disitu juga akhirnya membuat Syiah merajalela.

 

4. Hilang semangat berjihad

 

Para bangsawan dan para Khalifah saat itu hanya menikmati hidup di dalam Istana. Jihad mereka terhenti dan berganti dengan sifat tamak. Sehingga para musuh-musuh Islam masuk dengan mudah. Mereka mulai tidak bersatu lagi, seperti adanya perpecahan bangsa Arab yang berpaham kesukuan dan hanya berjuang demi suku-sukunya, bukan demi Islam.

 

5. Mengandalkan kekuatan asing

 

Di saat-saat terkahirnya, Daulah Abbasiyah memanggil orang-orang Turk yang dianggap kuat dan menyuruh mereka menjadi pasukan-pasukan yang diutamakan. Bangsa Arab sendiri hanya jadi majikan mereka, jadi hanya menjadi penginstruksi saat ada perang, namun yang berjuang ialah Bani Turk. Saat semakin banyaknya Orang-orang Turk digunakan, mereka pun mengambil alih kerajaan dan menyebabkan kerajaan dikuasai oleh orang-orang Turk bukan orang-orang Arab lagi. Hal ini disebabkan karena orang-orang Turk meyakini dirinya sebagai majikan bukan pesuruh orang Arab lagi.