Kekuasaan membentuk undang undang disebut kekuasaan ?

Kekuasaan membentuk undang undang disebut kekuasaan ?

Kekuasaan membentuk undang-undang disebut kekuasaan apakah?

Jawaban

Pendahuluan

Indonesia dalam menjalankan sistem kepemerintahannya, menggunakan Konsep Trias Politika. Trias Politika merupakan dknsep demokrasi dimana kekuasaan didalam negara dibagi menjadi tiga pilar yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Walaupun dibagi menjadi tiga, namun setiap pilar ini memiliki tingkat yang sejajar serta tugas yang saling melengkapi satu sama lain guna membangun negara.

 

Pembahasan

Setelah amandemen UUD 1945, beberapa lembaga yang menjalankan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, antara lain :

LEGISLATIF

Merupakan jenis kekuasaan/lembaga yang berwenang dalam membuat serta merancang kebijakan, peraturan, dan perundang–undangan. (Contohnya = Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Majelis Permusyawaratan Rakyat)

EKSEKUTIF

Merupakan jenis kekuasaan/lembaga yang berwenang dalam menerapkan serta melaksanakan kebijakan, peraturan, dan perundang–undangan yang dibuat oleh lembaga Legeslatif. (Contohnya = Presiden, Menteri beserta seluruh staffnya, DPRD, Bupati, Camat, Lurah, Rw, Rt)

YUDIKATIF

Merupakan jenis kekuasaan/lembaga yang berwenang dalam menegakan serta mengadili para pelanggar kebijakan, peraturan, dan perundang–undangan demi mempertahankan undang–undang yang telah dibuat. (Contohnya = Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial)

 

Kesimpulan

Kekuasaan yang berwenang membentuk dan membuat Undang-Undang, adalah Legislatif.